Blog Posts

10 May
1

Kelomang

Kelomang atau umang atau kepiting hermit adalah jenis kepiting yang tidak memiliki cangkang yang keras. Kepiting ini menggunakan cangkang satwa lain untuk perlindungan. Jika kelomang tumbuh besar maka harus menemukan cangkang yang lebih besar.

Kelomang

Kelomang

Kepiting hermit adalah satwa krustasea yaitu keluarga dari kerang. Ada sekitar 500 spesies yang berbeda di seluruh dunia. Kebanyakan spesies kepiting hermit hidup di dasar laut, tapi ada juga yang hidup di darat. Tetapi kepiting hermit betina yang hidup di darat (terestrial) harus kembali ke laut untuk berkembang biak. Ada juga yang menyebut kelomang dengan umang atau kumang.

Anatomi: Kelomang adalah invertebrata yaitu satwa tanpa tulang belakang. Mereka memiliki exoskeleton, kulit terluar yang memberikan dukungan untuk tubuh mereka, tetapi tidak banyak memberikan perlindungan dari predator. Mereka sangat bervariasi dalam warna, dari merah menjadi cokelat ke ungu, dengan garis-garis, titik, dan pola lainnya. Mereka memiliki sepuluh kaki bersendi, dua kaki depan yang besar, cakar menggenggam (disebut penjepit atau chelipeds) yang berfungsi untuk memegang atau menyerang. Kaki kedua dan ketiga fungsinya untuk bergerak. Kaki keempat atau kelima alias sepasang kaki belakang mengecil dan juga berbentuk capit yang kecil. 

Kedua pasang kaki terakhir ini memiliki bulu yang lebat dan berfungsi untuk membersihkan tubuhnya, terutama insang dan telur pada betina.

Mereka memiliki tubuh pipih, antena sensorik, dua mata yang terletak di ujung batang, dan perut yang lembut memutar dimana kepiting hermit terus menyembunyikannya di dalam cangkangnya.

Saat bermetamorfosis, larva kelomang berubah menjadi bentik dan mencari cangkang keong yang kosong untuk digunakan sebagai tempat tinggalnya.

Makanan: Kelomang adalah omnivora (makan tumbuhan dan satwa) dan juga pemulung (makan satwa yang sudah mati). Mereka makan cacing, plankton, dan puing-puing organik.

Tingkah laku kelomang berbeda-beda saat mereka saling bertemu satu sama lain. Ada tiga macam tingkah laku sosial kelomang jika bertemu, yakni mereka akan saling mengabaikan, kawin, atau berkelahi.
Biasanya kelomang akan berkelahi untuk memperebutkan cangkang yang lebih baik. Jika ada cangkang milik kelomang lain yang lebih bagus, kelomang akan berusaha untuk merebut dan memilikinya.

Wah wah wah… Ternyata kelomang juga ingin rumah yang bagus.

admin

About the Author

No other information about this user.

0 comments

  • Patricia
    10 months ago

    LOL http://www.costaricajourneys.com/wp-content/uploads/2012/03/hermit-crab-at-Cahuita-National-Park-Costa-Rica.gif

    Reply

Leave a Reply

Rules of the Blog

Do not post violating content, tags like bold, italic and underline are allowed that means HTML can be used while commenting. Lorem ipsum dolor sit amet conceur half the time you know i know what.

Our Clients